Polres Langkat Berhasil Tangkap 3 Pengedar Sabu Jaringan Internasional, 20Kg Sabu Gagal Diedarkan

Info-satu.com, Langkat – AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang selaku Kapolres Langkat, mengatakan bahwa terungkapnya dugaan jaringan Narkoba internasional penyergapan dilakukan dengan waktu dan lokasi terpisah. Pertama, kata Faisal, pada tanggal 21 Maret 2023 pihaknya melalui Sat Narkoba melakukan pengintaian terhadap penyelundupan sabu di Jalan Lintas Medan-Aceh tepatnya di Desa Paya Perupuk, Kecamatan Tanjungpura. Hasil pengintaian, ditemukan satu unit mobil Toyota Avanza BK 1718 FD berhenti di pinggir jalan.

Dalam pengintaian itu, ada sepeda motor Honda Vario warna putih BL 5939 FM dikendarai MYA (30) warga Jalan Banten Gang Rasmi, Kecamatan Medan Helvetia, menghampiri mobil tersebut. Dari mobil itu dikeluarkan satu goni plastik yang didalamnya diduga berisi narkotika jenis sabu untuk diserahkan kepada pengendara sepeda motor.“Pada saat pengendara sepeda motor membawa goni berisi sabu, petugas di lapangan langsung menyergap untuk menangkap pengendara sepeda motor tersebut dengan mengamankan goni berisikan kemasan teh china merk Guar Yun Wang,” ucap Faisal, Kamis (30/3/2023).

BACA JUGA:   2 Personil Berprestasi Diberikan Reward oleh Kapolres Batu Bara

Di Mapolres Langkat. Petugas di lapangan melakukan pengejaran terhadap mobil Avanza tersebut. Akhirnya, dapat diamankan Jembatan Tanjungpura dengan mengamankan satu tersangka MZ (38) warga Desa Sumbok Rayeuk, Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara, bersama satu tas ransel warna hitam terdapat satu bungkus teh china merk Guar Yun Wang diduga berisi sabu.

“Kedua tersangka langsung diamankan dengan barang bukti dengan total 20 bungkus sabu diperkirakan seberat 20 kilogram. Pengakuan mereka barang bukti itu diperoleh dari Abdullah warga Alue Mirah Kecamatan Nibong Kabupaten Aceh Utara yang statusnya DPO,” ungkap Kapolres didampingi Kasat Narkoba AKP Hardiyanto.

Selanjutnya, pengungkapan 10 bal ganja dengan tersangka SS alias Reza (26) warga Jalan Cempaka, Kelurahan Brandan Timur, Kecamatan Babalan, ditangkap Polsek Pangkalan Brandan pada tanggal 23 Maret 2023.Pengungkapan ganja itu berawal dari informasi dari masyarakat yang diterima Kapolsek AKP Bram Chandra Sihombing adanya transaksi ganja di Gang Toba, Kelurahan Sei Bilah, Kecamatan Babalan. Lantas Kapolsek bersama -sama Kanit Reskrim Iptu Sihar MT Sitohang melakukan penyelidikan atas Informasi tersebut.

BACA JUGA:   Ketum DPN Gercin Indonesia Melantik DPAC Gercin Indonesia se-Wilayah Adat Grime Nawa Jayapura

Pada akhirnya tersangka disergap di sekitar lokasi tersebut. Tersangka diamankan mengaku menyimpan satu buah tas warna loreng di semak-semak tepatnya di dalam parit. Tas tersebut langsung dicari dan ditemukan dengan barang bukti tiga bal berisikan ganja. Selanjutnya, dilakukan pengembangan ke rumah tersangka ditemukan lagi tujuh bal warna coklat berisikan ganja.

“Dan barang bukti dan tersangka langsung diboyong ke Mapolsek Pangkalan Brandan. Dari pengakuan tersangka, barang itu milik temannya Fahrul Rozi warga Aceh yang kini statusnya DPO,” kata Faisal didampingi Kapolsek Pankalan Brandan AKP Bram Chandra Sihombing.

“Para tersangka ini telah terbukti dengan sengaja memiliki dan menyimpan serta mengedarkan Narkoba, maka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) subs 111 ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati, pidana seumur hidup atau pidana penjara paling singkat enam tahun penjara,” ungkap Kapolres.

(I-S/Gayus Hutabarat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *